Pages

Jumat, 15 Juli 2011

Cara Cepat Keluar Dari Google SandBox

Cara cepat keluar dari google sandbox, tips agar cepat keluar dari google sandbox dan cara agar terhindar dari google sandbox adalah topik yang akan saya bahas pada postingan kali ini. google sandbox merupakan hal yang sangat menakutkan bagi para blogger dan webmaster. banyak blogger dan webmaster mengalami hal ini yaitu terkena google sandbox dan akibatnya akan sangat fatal bagi blog/web yang terkena google sandbox ini. mengerikan memang ketika blog/web yang masuk google sandbox ternyata benar-benar hilang dari peredaran search engine. adakah solusi dari permasalahan ini? tentu ada!. sebelum kita membahas lebih jauh, perlu kita ketahui pula pengertian/definisi google sandbox, penyebab blog terkena google sandbox dan cara cepat keluar dari google sandbox.




Pengertian/Definisi Google Sandbox

Google sandbox adalah suatu istilah dimana web/blog/artikel di web/blog kita terkena penalti oleh pihak google. Penalti ini biasanya berupa penghapusan suatu url artikel kita dari indexing google atau penurunan rangking dalam SERP google secara signifikan dan secara tiba-tiba.



Banyak faktor yang dapat menyebabkan web/blog masuk ke dalam google sandbox, diantaranya : 

Pertama, begitu banyak dan cepat mendapatkan backlink inbound. Google secara otomatis menganggap hal tersebut tidak wajar dan biasanya dianggap spamming. Tapi selama masih wajar, hal itu tidak jadi masalah. Saya pribadi belum mengetahui secara pasti berapa jumlah backlink inbound yang didapat perhari yang masih dianggap wajar oleh google.Mencari backlink meskipun sedikit namun jika dilakukan secara continyu hal itu akan sangat baik (menurut saya).

Kedua, isi konten yang tidak cocok/relevan dengan judul dan deskripsi yang telah dibuat. Oleh karena itu setiap penulisan artikel diusahakan relevan dengan judul yang telah dibuat.

Ketiga, Keyword Stuffing yaitu menuliskan kata-kata keyword secara berlebihan dalam weblog kita (keyword secara berulang-ulang).


Perlu diperhatikan dengan seksama, jangan pernah membuat artikel yang hanya berisi hanya satu baris dalam web/blog. Apalagi hanya judul yang tanpa pengembangan yang relevan dari judul. banyak kita jumpai web/blog yang SEO nya berhasil namun ketika kita masuk halaman blog/web tersebut tidak ada penjelasan lebih detail mengenai judul yang telah dibuat.



Cara mengetahui blog yang masuk Google Sandbox atau tidak, dapat menggunakan cara ini. masuk ke pencarian google.co.id atau google.com, lalu isi form search dengan perintah seperti dibawah ini :



site:namadomain.com

Contoh : site:asrizalwahdanwilsa.blogspot.com



site:namadomain.com blog dofollow pr tinggi (setelah nama domain diikuti judul posting)


Contoh : site:asrizalwahdanwilsa.blogspot.com Blog Dofollow Pr Tinggi



Cara pertama untuk adalah untuk cek domain blog secara keseluruhan, sementara  untuk yang kedua adalah untuk cek url tertentu dari postingan suatu blog. Jika url atau postingan masih ada dalam pencarian berarti tidak terjadi masalah. Akan tetapi jika mendadak url/postingan menghilang dari pencarian google, ada kemungkinan hal itu terkena Google Sandbox effect.



Cara cepat keluar dari Google Sandbox



Berdasarkan beberapa referensi yang saya cari agar blog cepat keluar dari google sandbox, dengan cara yang mudah dan sesuai dengan yang diharapkan, berikut adalah pemaparannya :
  • Pada postingan atau url yang terkena efek Google Sandbox, lakukanlah update tulisan pada artikel tersebut. Maksudnya, edit kembali tulisan atau postingan tersebut, tambahkan beberapa kata atau kalimat baru, kemudian publish kembali. jika memang ingin lebih baik lagi, alangkah baiknya jika benar-benar di update dan buat struktur baru dalam isi postingan tersebut.
  • Update postingan atau artikel baru, berisi inbound link mengarah pada artikel atau postingan yang terkena efek Google Sandbox.
  • Carilah backlink dari luar dan perhatikan kualitas backlink yang akan didapatkan, backlink yang menuju ke url artikel yang kena efek sandbox, cukup 3-5 backlink saja.
Tunggu beberapa jam kemudian, cek kembali menggunakan cara diatas, apakah url atau domain yang terkena google sandbox telah muncul kembali dalam pencarian Google. Cara diatas merupakan cara yang  pernah saya lakukan untuk keluar dari permasalahan ini, saya berharap hal ini jangan dijadikan sebagai patokan bahwa cara ini pasti akan berhasil. Karena terlalu banyak kemungkinan  yang tidak dapat kita duga jika berbicara masalah search engine Google. Apalagi jika berbicara masalah baca "Memahami Pentingnya SEO untuk Blog dan Web Anda" tentu akan menjadi perbincangan yang sangat menarik.



Artikel Cara Cepat Keluar Dari Google Sandbox ini tidak sepenuhnya benar dan pasti memiliki banyak kekurangan, jikalau ada yang mempunyai pengalaman yang lain, silakan untuk share dan mengungkapkannya di dalam komentar. saya ingin agar artikel ini bermanfaat bagi khalayak.

1 komentar:

Naughtyric mengatakan...

saya mo tanya gan saya cek di google sandbox cecker blog saya masuk sandbox,

saya ngetik di mesin pencari :
1. kalo saya ngetik Naughtyric cuman halaman depan yg terindex.

2. saya ngetik keyword mig33v45, postingnya ketemu.

3. ngetik site:naughtyric.blogspot.com, ketemu cuman hal depan ma archive perbulan

4. ngetik site:naughtyric.blogspot.com google+, itu ndak ketemu gan

5. dibalik site:naughtyric.blogspot.com google+, bisa ketemu blog saya gan,

gimana gan mohon pencerahan, masih bingun saya...